Senin, 26 Oktober 2015

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan


Buah Sawo merupakan salah satu buah yang cukup populer dikalangan masyarakat, selain karena buah sawo memiliki rasa yang sangat manis dan lembut, buah sawo ini juga cukup mudah untuk dikenali dari bentuknya yang berwarna kecoklatan dengan bentuk oval yang mempunyai biji berwarna hitam dan pipih. Buah sawo ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Buah sawo awalnya berasal dari hutan hujan diAmerika Tengah, kemungkinan dari Meksiko, dan kini telah tersebar dan dibudidayakan di banyak daerah tropis seperti India, Sri Lanka , Indonesia dan Malaysia. Pohon sawo memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, tahan angin dan tahan panas, sehingga cocok untuk ditanam didaerah kering dengan sedikit hujan.

Berikut manfaat yang terkandung dalam buah sawo:
1. Menjaga Kesehatan Tulang
Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan juga kalsium, sehingga baik bagi kesehatan tulang kita. karena tulang memang sangat membutuhkan fosfor dan kalium untuk menjaga kekuatannya. Jadi tulang kita bisa tetap sehat kini dan nanti saat hari tua.

2. Mencegah Kanker Usus
Tubuh manusia memerlukan banyak serat untuk membantu proses metabolisme berjalan dengan lanjar, terjaga, dan seimbang. Buah sawo memiliki banyak kandungan serat yang mampu mencegah kanker usus jika anda secara rutin mengkonsumsinya.

3. Pencegah Sembelit 
Ini dikarenakan, buah sawo  merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga, buah sawo sangat efektif melancarkan buang air besar atau pencegahan sembelit yang sangat baik.

4. Penangkal Kanker
Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam sawo seperti antioksidan, serat, vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya sangat efektif mencegah kanker paru-paru serta kanker pada rongga mulut.

5. Mengobati Disentri
Ramuan yang terbuat dari buah sawo muda mampu mengobati sakit disentri, yaitu dengan cara mengambil buah sawo yang masih muda, haluskan kemudian di campur dengan garam secukupnya. Konsumsilah 2 kali sehari.

6. Menutrisi Kulit Agar Tetap Sehat.
Buah sawo memiliki kandungan vitamin A, C serta vitamin E. Ketiga nutrisi itulah yang dapat menyehatkan kulit serta membuat seseorang tampak lebih awet muda.

7. Menutrisi Dan Menguatkan Tulang.
Buah sawo merupakan sumber kalsium, fosfor serta zat besi. Tiga kandungan nutrisi itulah yang dapat membantu menjaga dan membuat tulang tetap sehat seiring usia yang terus bertambah.

8. Mencukupi Nutrisi Organ Penglihatan.
Buah sawo merupakan sumber vitamin A yang cukup melimpah. Vitamin A dalam buah sawo berperan dalam menutrisi mata. Sehingga organ mata akan selalu terjaga kesehatannya setiap waktu.

9. Memelihara Kesehatan Gigi
Buah sawo memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi. Sehingga apabila mengonsumsinya secara rutin akan memelihara kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Namun walaupun kandungan fosfor dan kalsiumnya tinggi, tidak dianjurkan dikonsumsi oleh balita karena akan mengganggu pencernaannya. Tulang yang kuat dan sehat adalah tabungan yang berharga untuk hari ini dan kelak setelah memasuki masa tua. Tulang tidak mudah rapuh sehingga dapat menyangga tubuh dengan lebih baik.

10. Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah sawo dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil agar tidak mudah Terserang penyakit- penyakit berbahaya. Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo juga berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit yang Sering dialami oleh para ibu hamil. Kandungan vitamin B di dalamnya efktif mengurangi rasa mual dan muntah selama masa kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar