Rabu, 28 Oktober 2015

Khasiat Daun Sirih Hijau

Khasiat Daun Sirih Hijau


Sirih adalah merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Juga kapurnya membuat pengerutan gusi (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik mencegah gigi berlubang.

Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka), sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu. Di Indonesia, sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau. Masyarakat Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit. Walaupun demikian tanaman sirih banyak dijumpai di seluruh Indonesia, dimanfaatkan atau hanya sebagai tanaman hias.

1. Mengobati Kanker
Daun sirih dapat bermanfaat untuk mengobati kanker, anda dapat menggunakannya untuk mengobatinya dengan cara mengambil beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus hingga airnya berkurang hingga 1/4 bagian, lalu ambil air hasil rebusan daun sirih tersebut, campurkan dengan madu. Minumlaj 3 kali sehari pada saat masih dalam keadaan hangat.

2. Mengobati Mimisan
Jika anda sering mengalami mimisan atau terjadi pendarahan pada hidung, anda dapat menghentikannya dengan menggunakan daun sirih. Caranya dengan mengambil 1 lembar daun sirih yang agak muda, kemudian lumatkan, gulung sambil ditekan hingga keluar minyaknya. Setelah itu gunakan untuk menyumbat hidung hingga tidak keluar darah lagi.

3. Dapat mengobati sakit gigi dan gusi yang bengkak.
Caranya yaitu dengan menguyah daun sirih hijau satu lembar lalu diamkan beberapa saat sekitar 10-15 menit. Kemudian bersihkan dengan cara berkumur dengan menggunakan air hangat, lakukan pengobatan ini secara rutin dan sakit gigi dan bengkaknya pun berangsur-angsur akan sembuh.

4. Dapat mengobati sariawan
Cara untuk mengatasi sariawan yaitu dengan menguyah satu lembar daun sirih lalu diamkan beberapa saat, setelah itu kumur-kumur dengan air hangat. Jika anda tidak kuat dengan baunya, anda dapat merebus 3 lembar daun sirih dengan 2 gelas air lalu rebus sampai airnya hanya tersisa 1 gelas saja. Kemudian kumur-kumur dengan air rebusan daun sirih dalam keadaan hangat. Minum secara teratur 1 gelas sehari ini sampai sariawannya sembuh.

5. Menyembuhkan penyakit asma
Anda memiliki keturunan dan sering mengalami gejala asma? Asma merupakan jenis penyakit yang sangat merepotkan, walaupun bukan merupakan jenis penyakit yang sifatnya kronis, seperti diabetes dan jantung. Asma sendiri akan menimbulkan efek dan gejala yang sangat mengganggu aktivitas.

6. Melancarkan haid
Bagi anda para wanita yang sering mengalami masalah ketika haid atau menstruasi, dan anda tidak suka dengan jamu – jamu yang katana dapat melancarkan haid, anda dapat mencoba mengkonsumsi rebusan dari daun sirih. Hal ini tertbukti, karena produk obat – obatan yang ada di pasaran juga mengandung ekstark sirih.

7. Mengobati keputihan
Bentuk mengobati keputihan ini terjadi dikarenakan sirih hijau memiliki antijamur yang mampu membunuh kuman jahat pada daerah kewanitaan.

8. Menghilangkan Bau Badan
Anda mempunyai permasalahan dengan bau badan, dan ingin menghilangkannya secara alami. Anda dapat mencobanya dengan menggunakan daun sirih untuk menghilangkannya dengan cara mengambil 5 lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu hingga tersisa hingga 1 gelas saja. Kemudian minulah pada siang hari. Lakukan cara ini hingga bau badan hilang.

9. Mengobati gatal alergi dan biduran
Sediakan 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning dan 1,5 sendok makan minyak kayu putih. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus. Kemudian ramuan tersebut dioleskan/digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal karena alergi atau biduran.

10.  Penyakit jantung
Sediakan 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok makan jintan putih. Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Ramuan tersebut diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar