Selasa, 08 Desember 2015

Keistimewaan Daun Pepaya

Keistimewaan Daun Pepaya


Anda tentu sudah tahu dengan rasa daun pepaya? Daun ini sering digunakan untuk lalapan, sayur, atau ditumis. meskipun memiliki rasa pahit yang khas namun banyak sekali penikmatnya. Jika kita dapat mengolahnya dengan baik, maka rasa pahitnya akan berkurang. 
Daun pepaya sejak zaman dahulu kala sudah dijadikan sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Hal itu dikarenakan dalam daun papaya terkandung berbagai unsur yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, lemak, fosfor, protein, kalori, besi, air, kalsium serta hidrat arang. Pemanfaat daun papaya untuk obat beragam sesuai dengan penyakit apa yang akan diobati.

Nah, Berikukt adalah ulasan mengenai Keistimewaan Daun Pepaya:

1. Mengatasi tekanan darah tinggi
Khasiat daun pepaya berikutnya adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Rebus lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air kemudian ambil air rebusan tersebut lalu tambahkan pemanis madu murni atau gula merah. Minum selagi hangat.

2. Mencegah dan mengobati diabetes
Daun pepaya mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga keadaannya akan tetap stabil. Meski dapat mengontrol gula darah, namun anda juga harus mengimbanginya dengan cara tetap menjaga makanan yang anda konsumsi. Jadi, semua harus dapat berjalan secara beriringan.

3. Melancarkan pencernaan
Bagi anda yang saat ini memiliki masalah dengan pencernaan, dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi rebusan daun ini atau diolah menjadi tumis sayur maka anda akan mendapatkan manfaat yaitu terhindar dari masalah gangguan pencernaan makanan.

4. Masker anti jerawat.
Daun pepaya bukan hanya berguna untuk kesesatan tubuh, namun untuk kecantikan juga bisa. cara menggunakannya terlebih dahulu daun pepaya harus dikeringkan kemudian dilumatkandan dicampur dengan air baru kemudian diusapkan ke wajah seperti halnya dengan masker pada umummnya.

5. Mengobati nyeri saat haid
Bagi anda wanita yang sedang haid dan ingin menghilangkan rasa nyeri secara mudah dan aman, cobalah ramuan tradisional daun kates. Campurkan 1 lembar daun pepaya mentah, asam jawa dan garam kemudian rebus sampai matang. Minum air ramuan tersebut.

6. Menambah nafsu makan
Ternyata tidak hanya temulawak saja yang dapat membantu menambah nafsu makan karena ternyata daun pepaya juga dapat meningkatkan selera makan. Untuk mengatasi masalah nafsu makan, Anda dapat mencampur daun pepaya segar dengan garam dan air hangat. Setelah itu, tumbuk daun pepaya hingga halus dan saring airnya. Minum air saringan tersebut.

7. Mengobati demam berdarah 
Jus daun Pepaya adalah obat tradisional yang dapat menyembuhkan demam berdarah tanpa efek samping. Penelitian ilmiah dan beberapa studi telah menunjukkan bahwa,  jus daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapin yang dapat meningkatkan trombosit . Gejala demam berdarah adalah menurunnya tingkat trombosit secara drastis dalam darah, sehingga jus daun pepaya akan membantu untuk meningkatkannya kembali. Perusahaan farmasi juga sudah menggunakan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair. Para dokter juga merekomendasikan bagi penderita agar minum 20 sampai 25 ml jus ini, sebanyak  dua kali sehari selama seminggu agar cepat memperoleh hasil.

8. Sifat anti kanker
Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Hal ini membuat ekstrak daun pepaya ini, sering direkomendasikan sebagai bagian dari kemoterapi di beberapa bagian penduduk dunia. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker. Daun yang terasa pahit, memang banyak mengandung zat anti kanker, yang juga ditemui pada manfaat daun binahong.

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar