Jumat, 11 Desember 2015

Mengenal Khasiat Daun Singkong

Mengenal Khasiat Daun Singkong


siapa yang tidak menengenal singkong? yap tanaman ini sangat melimpah di indonesia, dan termasuk bahan pangan sangat ekonomis. sekarang banyak sekali olahan yang terbuat dari singkong selain direbus, dijadikan kripik, kue, kolak atau digoreng dan dtambahkan keju diatasnya. singkong ini sangat bermanfaat, namun tahukah anda bahwa daunnya juga merupakan salah satu sumber nutrisi untuk tubuh kita? Daun singkong memiliki  kandungan gizi sangat tinggi, mengandung kalori, protein, fosfor, hidrat arang, dan zat besi. Sedangkan kandungan vitamin dalam daun singkong terdiri dari vitamin A, B1, dan vitamin C.

Nah, Berikut adalah ulasan mengenai Mengenal Khasiat Daun Singkong:

1. Pembentukan dan Regenerasi Sel Tubuh
Asam amino essensial yang terdapat dalam daun singkong merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan pembaharuan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.

2. Mengobati penyakit stroke
Menurut penelitian yang telah dilakukan para ahli, daun singkong terbukti mampu untuk menyembuhkan penyakit stroke. Hail ini disebabkan karena daun singkong mengandung isoflavon dan zat tersebut sangat ampuh jika digunakan untuk mengobati penyakit stroke.

3. Dapat Mencerdaskan otak
Berbagai studi menunjukkan bahwa dalam daun singkong, ada berbagai asam amino, yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi kedua, membantu mengembalikan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak dan metabolisme asam amino lainnya. Sehubungan dengan otak untuk mendidik ada beberapa di singkong mengandung asam amino glutamat daun asam yaituasam, fenilalanin, tirosin dan triptofan.

4. Mengatasi Rematik
Pada pemakaian luar, sebanyak lima lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. Pada pemakaian dalam, 100 gram batang singkong, satu batang sereh, dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu, disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

5. Sakit Kepala
Tekanan hidup di masa kini seringkali membuat Anda mudah sakit kepala. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah depresi atau stress. Jika sudah sakit kepala, tentunya Anda akan semakin stress karena tidak dapat beraktivitas seoptimal biasanya. Namun daun singkong dapat menjadi jawaban atas sakit kepala yang kerap mengganggu Anda. Cukup konsumsi daun singkong dengan cara direbus dengan rutin, namun tidak menambahkan santan di dalamnya. Mengapa? Karena santan justru dapat membuat Anda terkena sakit kepala jika mengonsumsinya secara berlebihan.

6. Mengobati diare
Jika Anda ataupun anggota keluarga Anda ada yang sakit diare, sebaiknya gunakan air rebusan daun singkong. Caranya rebus beberapa lembar daun singkong yang bersih tambahkan 900 cc air, lalu endapkan kemudian ambil bagian atasnya kemudian minum sebanyak dua kali sehari.
Pandangan Mata Kabur


7. Meningkatkan daya tahan tubuh
Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, daun singkong dapat membantu meningkatkan daya tahan serta kesehatan tubuh anda. Namun, alangkah lebih baiknya jika selain mengkonsumsi daun singkong, anda melakukan olah raga serta menjaga kebersihan diri agar terhindar dari berbagai penyakit.


8. Baik untuk Mata
Jika Anda mempunyai masalah pada penglihatan, misalnya ketika anda memandang benda kelihatan tidak jelas/buyar. Periksa sesegera mungkin ke dokter mata, setelah anda tahu bahwa penyakit mata anda ringan anda harus coba mengobatinya dengan daun singkong. Dengan caranya mengonsumsi daun singkong setiap hari dengan di jadikan lalapan ketika makan nasi. Dan ketika anda merebus daun singkongnya tambahkan sedikit bawang putih dan garam. Selai itu lalapan daun singkong ini berkhasiat untuk nafsu makan.

Dari Berbagai Sumber

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar