Selasa, 01 Desember 2015

7 Manfat Buah Melon

7 Manfat Buah Melon


Buah dengan nama latin Cucumis melo L. termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya berwarna hijau kekuningan, tekstur buahnya yang lembut menjadikan buah ini sangat digemari oleh masyarakat, dan juga memilik rasa yang manis dan sangat menyegarkan, biasaya buah ini dijadikan jus, sirup atau dapat di makan secara langsung. namun tidak hanya itu, buah melon kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Nah, berikut adalah ulasan mengenai 7 Manfat Buah Melon:

1. Mencegah Penyakit Kanker
Ada banyak buah-buahan dan herbal yang mampu mencegah penyakit kanker, salah satunya buah melon. Buah melon memiliki kandungan KAROTENOID. Perlu diketahui, Karotenoid adalah pigmen yang berfungsi sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, khususnya gejala kanker paru-paru dan gejala kanker payudara.

2. Pencegah Penyakit Gula Darah
Kandungan air dan gula alami pada buah melon mampu mencegah penyakit diabetes. Bagi Anda yang suka akan makanan-makanan manis dan tinggi lemak, ada baiknya untuk mengimbangi dengan mengonsumsi buah-buahan seperti melon yang rendah lemak dan mengandung banyak kalori.

3. Menyehatkan Mata
Buah melon merupakan salah satu sumber betakaroten yang baik. Oleh karena itu tak heran jika melon bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda. Kesehatan mata yang dimaksudkan tentu menjaga mata dari gangguan penyakit dan juga bisa meningkatkan ketajaman pengelihatan. Di dalam tubuh betakaroten diolah menjadi vitamin A yang kemudian dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja mata. Oleh karena itu tak ada salahnya jika mulai saat ini Anda lebih sering mengonsumsi buah melon.

4. Merawat kesehatan tubuh dan jantung
Di dalam buah melon terkandung 267 miligram elektrolit dan kalium setiap 100 gramnya. Kalium ini sangat penting sekali untuk mengontrol kesehatan jantung. Sehingga jantung tidak mudah terserah penyakit seperti jantung koroner maupun stroke. Tak hanya itu saja, melon ternyata juga sangat bagus jika dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Ini karena melon memiliki khasiat khusus yakni untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Peningkat Sistem kekebalan
Buah melon tidak hanya mengandung beta-karoten dan phytochemical untuk mencegah  radikal bebas, tetapi juga memberikan dosis yang sehat  vitamin-C. Vitamin C penting bagi pertahanan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin-C juga akan merangsang produksi sel darah putih, yang berguna untuk menghancurkan bakteri berbahaya, virus, dan zat beracun lainnya dalam aliran darah kita. Melon adalah pendorong yang sangat kuat untuk sistem kekebalan tubuh.

6. Baik untuk diet
Ini adalah salah satu dari 10 manfaat buah melon berdasarkan kandungan gizinya yang membuat orang tertarik untuk mengkonsumsi melon setiap hari. Karena melon mengandung nol kalori dan lemak, disamping itu mengkonsumsi melon dapat membuat anda merasa kenyang, itulah mengapa melon sangat cocok untuk mereka yang menghendaki untuk menurunkan berat badan.

7. Mempercantik Kulit 
Bagi wanita yang menginginkan kulitnya segar, sehat dan cantik, konsumsi buah melon secara teratur adalah salah satu tips yang bisa ditiru. Kandungan vitamin pada buah melon akan membantu kulit Anda tetap sehat sepanjang waktu. Melon ini juga diketahui mengandung senyawa kolagen yang dikenal mampu mempertahankan elastisitas juga keremajaan jaringan kulit. 

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar