Minggu, 01 November 2015

9 Manfaat Cabai Paprika

9 Manfaat Cabai Paprika


Paprika merupakan bahan sayuran berasa pedas yang sering dimanfaatkan untuk bumbu masak ini memiliki kandungan dan manfaat paprika yang banyak.Paprika sendiri salah satu buah yang masih tergolong dalam keluarga cabai. Tidak megherankan jika kita dapat merasakan sensasi rasa pedas ketika kita menikmati buah yang satu ini.Dibalik bentuknya yang unik dan warnanya yang cerah yaitu merah, kuning dan hijau, cabai paprika memiliki kandungan vitamin, enzim, serta zat-zat yang sangat baik dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.

Berikut adalah 9 Manfaat Cabai Paprika:

1. Kesehatan jantung
Paprika merah mengandung kandungan likopen yang sangat banyak. Kandungan likopen berperan penting dalam kondisi kesehatan jantung. Selain menjaga kondisi jantung, paprika juga kaya akan vitamin B6 dan folat. Vitamin B6 dan folat ini berfungsi sebagai penurun kadar homosistein dalam tubuh, dimana kadar homosistein yang tinggi menyebabkan semakin besar resiko kita terserang peyakit jantung. Selain itu, dalam paprika juga terdapat kandungan kalium yang mampu menurunkan sekitar 162 miligram tekanan darah dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan mata
Dalam paprika terdapat beberapa vitamin serta enzim yang mampu melindungi tubuh dari gangguan penyakit. Salah satunya yaitu vitamin A. Seperti yang kita tahu bahwa kandungan dari vitamin A sangatlah baik bagi kesehatan mata. Selain vitamin A dalam paprika juga terdapat enzim lutein yang mampu mencegah kita agar terhindar dari resiko penyakit katarak.

3. Mengandung Zat Anti Kanker
Kandungan paprika yaitu antioksidan dan anti-inflamasi nutrisi sehingga paprika memberikan beberapa manfaat anti-kanker. Risiko kanker meningkat karena peradangan kronis yang berlebihan dan stres oksidatif yang tidak diinginkan kronis. Faktor-faktor ini dapat diimbangi dengan asupan rutin fitonutrien yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, paprika juga mengandung senyawa belerang. Enzim enzim  paprika membantu untuk mencegah kanker lambung dan kanker kerongkongan. Sedangkan kandungan karotenoid lycopene ditemukan efektif dalam pencegahan prostat, kandung kemih, leher rahim dan kanker pankreas.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Paprika mengandung banyak vitamin C yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh. Vitamin C terlibat dalam beberapa proses penting tubuh, mulai dari mengangkut lemak, pengangkutan elekton dari berbagai reaksi enzimatik, pembuatan kalogen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang), pemacu gusi yang sehat, menjaga tingkat kolesterol, memelihara kekebalan, untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.

5. Menangkal Penyakit Katarak
Semakin bertambah usia seseorang maka akan semakin banyak mengalami gangguan penyakit. Terutama penyakit katarak yang umum diderita oleh orangtua saat ini. Dengan Anda mau mengkonsumsi paprika maka tidak perlu takut penyakit katarak akan menyerang Anda diwaktu usia sudah semakin bertambah. Enzim Lutein paprika akan berperan mencegah atau menangkal penyakit katarak datang menyerang.

6. Mengontrol diabetes dan meredakan rasa nyeri
Rasa pedas yang ada dalam paprika berasal dari suatu zat yang bernama zat capsaicin. Zat capsaicin memiliki khasiat sebagai pengontrol kadar koleserol yang ada pada tubuh kita. Selain mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh, zat capsaicin juga memiliki khasiat sebagai pereda rasa nyeri. 

7. Membakar kalori
Mengonsumsi paprika mempercepat metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. Konsumsi paprika juga mengurangi berat badan karena diet lemak tinggi. Hal ini juga menyebabkan sekresi cairan pencernaan dan mencegah gangguan alat cerna.

8. Penyubur Rambut
Ekstrak paprika adalah salah satu penyubur rambut terbaik sekaligus menumbuhkan rambut baru. Paprika juga akan mencegah kerusakan mahkota Anda sekaligus membantu mempertahankan rambut tetap tebal.

9. Membantu proses diet
Manfaat buah paprika bagi kecantikan ketiga yaitu untuk membantu proses diet, khususnya buah paprika merah. Paprika merah bisa menolong meningkatkan metabolisme tubuh dan mengaktifkan thermogenesis. Buah paprika juga mempunyai aksi thermogenik ringan, di mana itu bisa membantu proses metabolisme tubuh, tanpa harus meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, jadi berbeda dengan ketika Anda mengkonsumsi cabai. Itulah alasan mengapa dengan konsumsi buah paprika Anda akan bisa tampil lebih kurus dan cantik.

1 komentar: