Jumat, 27 November 2015

Buah Sirsak dan Khasiatnya

Buah Sirsak dan Khasiatnya



Buah sirsak atau sering dikenal dengan sebutan nangka belanda, atau durian belanda memiliki nama latin Annona muricata L. merupakan tumbuhan multikhasiat yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah ini sudah sangat populer dimasyarakat, karena buah ini memiliki rasa yang manis keasaman dan sangat menyegarkan.

Buah sirsak berwarna hijau dan daging buahnya berwarna putih serta memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak tidak hanya sebagai makanan biasa saja namun buah ini juga kaya akan manfaat, buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, namun bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami.

Nah, berikut adalah ulasan mengenai Buah Sirsak dan Khasiatnya:

1. Menjaga imunitas tubuh
Di dalam 300 gram buah sirsak, ternyata mengandung 60 miligram vitamin C. Kandungan vitamin C dalam sirsak yang tinggi setidaknya sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Selain itu vitamin C ini memiliki peran penting dalam tubuh yakni menjaga sistem imun tubuh, menangkal radikal bebas hingga mencegah penuaan dini. Untuk itu jika anda ingin terlihat segar dan muda, konsumsi lah buah sirsak secara teratur.

2. Manfaat buah sirsak untuk hipertensi
Tak hanya daun sirsak saja yang bisa mengobati darah tinggi atau hipertensi. Ternyata, buah sirsak yang rasanya lezat pun memiliki khasiat yang sama untuk mengobati hipertensi. Beberapa penelitian, telah membuktikan khasiat buah sirsak ini yang mampu mengobati penyakit hipertensi. Hal ini dikarenakan, buah sirsak mengandung zat-zat yang mampu menangkal terjadinya hipertensi. Jadi, jika Anda ingin sehat maka konsumsi buah sirsak setiap hari.

3. Menjaga Kesehatan Tulang
Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

4. Mencegah Katarak
Rutin minum buah sirsak sehari minimal dua kali dipercaya mampu mengurangi risiko pandangan menjadi kabur serta masalah kesehatan pada mata lain seperti katarak dan buram.

5. Mengatasi migrain
Nutrisi alami yang bisa mengobati migrain anda adalah buah sirsak. Ini dikarenakan buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang tinggi. Vitamin B2 inilah yang bisa mengatasi sakit migrain yang anda derita.

6. Mencegah Kanker
Dengan mengkonsumsi buah yang satu ini, berarti kita juga dapat membantu untuk mematikan sel yang dapat menyebabkan penyakit kanker secara alamai tenpa menimbulkan effect samping dan tentunya aman untuk tubuh kita. Selain itu sirsak juga berguna untuk mengurangi berat badan, rambut rontok serta rasa ingin mutah( mual-mual). 

7. Mengatasi asam urat
Manfaat lain buah sirsak dalam mengatasi penyakit berbahaya lainnya yakni manfaat buah sirsak untuk asam urat. Kadar zat purin dalam darah bisa di netralisir dengan mengkonsumsi jus buah sirsak dengan rutin.   Kenapa demikian? Karena buah sirsak mengandung serat yang tinggi dan vitamin C yang sangat banyak sehingga bisa mengurangi yang di derita oleh penderita asam urat.

8. Mencegah Penyakit Anemia
Bagi Anda yang sering lemas, Anda mungkin kekurangan sel darah merah. Manfaat buah sirsak dapat membantu meningkatkan sel-sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Anda dapat mengkonsumsi buah sirsak sebagai jus atau dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaat ini.

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar