Rabu, 11 November 2015

10 Khasiat Buah Manggis

10 Khasiat Buah Manggis


Buah Manggis atau dalam bahasa latinnya Garcinia mangostana L.  merupakan salah satu tanaman yang sangat baik untuk dibudidayakan didaerah tropika dan tentunya Indonesia juga. Tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 7 sampai 25 meter. Buahnya memiliki ciri berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. 

Dan berikut ulasan mengenai 10 Khasiat Buah Manggis:


1. Mencegah Batu Ginjal
Seseorang yang mengkonsumsi buah manggis maka akan sering mengalami buang air kecil, hal inilah yang bisa menghindarkan anda dari penyakit batu ginjal.untuk mendapatkan manfaatnya usahakan konsumsi buah manggis rutin minimal 3 ons dalam tiap harinya.

2. Mencegah Kanker
Senyawa xamthone atau senyawa anti-kanker yang terdapat pada buah manggis bermanfaat baik untuk memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada usus besar, dan kanker hati. Bahkan kandungan xanthone juga mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit leukemia.

3. Mengandung Antioksidan
Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa dalam buah Manggis mengandung polifenol atau xanthones. Ada dua jenis xanthones dalam buah manggis gamma dan alpha manggis. Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi. Xanthone adalah obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini memiliki sifat penyembuhan yang menyembuhkan sel yang rusak oleh radikal bebas, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit. Buah manggis sering digunakan untuk pengobatan yang bersifat tradisional untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker.

4. Menjaga kesehatan kulit
Anti radang, anti bakteri, anti jamur, anti alergi dan anti oksidan pada buah manggis akan membantu dalam mengurangi risiko dari berbagai kondisi seperti radang kulit, penuaan kulit, eksim, alergi dan infeksi bakteri. Studi penelitian telah dilakukan untuk memastikan berbagai manfaat manggis untuk kulit,  dan satu studi tersebut menunjukkan bahwa manggis yang memiliki sifat anti kanker kulit,  dan berpotensi menjadi agen anti kanker kulit.

5. Mengurangi Reseiko Terkena Darah Tinggi
Dengan mengkonsumsi rutin buah manggis setiap hari, maka kadar gula dan pembuluh darah kita akan kembali normal dan tentunya dapat menghindarkan diri dari serangan darah tinggi.

6. Anti Peradangan
Sifat anti peradangan Manggis telah digunakan sebagai obat anti peradangan selama bertahun-tahun di negara-negara Asia Tenggara. Penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa ekstrak manggis memiliki sifat anti alergi dan anti peradangan, yaitu bekerja dengan cara menghambat pelepasan histamin dan prostaglandin yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh manusia.

7. Menurunkan Berat Badan
Ternyata kandungan Xanthone selain bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung, zat Xanthone ini juga bermanfaat untuk melunakkan kembali sel-sel membrane yang sudah membesar dan mengeras bersama besarnya tubuh kita.

8. Menyembuhkan asma
Asma tergolong penyakit mematikan akibat kerusakan sistem pernapasan. Buah manggis menjadi obat alternatif yang ideal untuk menyembuhkannya karena memiliki kemampuan melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergis.

9. Memelihara pencernaan
Semakin berumur manusia, maka secara alamiah semakin berkurang zat asam di dalam perut. Kondisi ini meningkatkan bakteri di dalam perut sehingga menimbulkan penyakit diare, kemampuan usus menyerap makanan semakin berkurang, dan kelebihan gas. Gejalan-gejala seperti ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat pada buah manggis. Xanthones berkhasiat mengatasi kelebihan bakteri, dan menyeimbangkan kembali kerja perut.

10. Meningkatkan energi
Buah manggis berkhasiat memulihkan stamina. Beberapa orang yang memakan buah manggis secara teratur mengaku mendapatkan energi tambahan saat melakukan kerja keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar