Kamis, 19 November 2015

Buah Lengkeng dan Khasiatnya

Buah Lengkeng dan Khasiatnya


Buah lengkeng yang memiliki nama ilmiah Dimocarpus longan atau sering disebut juga dengan buah kelengkeng merupakan berasal dari suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Buah yang tumbuh di dataran tinggi dengan suhu cuaca dingin dan berjenis tanah merah, tetapi pada jaman modern ini dengan ilmu genetik kelengkeng juga bisa di budidaya di tanah coklat atau hitam atau di dataran rendah. Buah kecil yang warnanya hampir menyerupai buah sawo ini ternyata bukan hanya rasanya yang cukup manis dan lembut, tetapi juga memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

Berikut adalah ulasan mengenai Buah Lengkeng dan Khasiatnya:

1. Menurunkan berat badan
Buah Lengkeng memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan dapat meningkatkan energy. Oleh karena itu, sangat baik jika di konsumsi selama menjalankan program diet.

2. Menyehatkan fungsi otak
Tembaga pada buah lengkeng mempromosikan fungsi otak. Tembaga diperlukan untuk menghasilkan norepinefrin, yaitu suatu bahan kimia yang digunakan sel-sel otak untuk berkomunikasi. Tembaga juga membantu menjaga selubung yang mengelilingi saraf dan untuk fungsi saraf yang efisien. Hal ini memungkinkan otak untuk memetabolisme molekul komunikasi otak lainnya, termasuk dopamin. Dalam 100 gram buah lengkeng memasok 169 mikrogram tembaga, atau 19 persen dari rekomendasi asupan harian, yang ditetapkan oleh Institute of Medicine.

3. Mengatasi kelelahan
Jika setiap hari anda merasa kelelahan dengan pekerjaan yang ringan, maka anda dianjurkan untuk mengkonsumsi buah lengkeng sebanyak 250 g setiap hari, karena buah lengkeng bisa berkhasiat untuk memulihkan stamina kita yang habis karena beraktifitas. Dan juga buag lengkeng baik untuk memulihkan kesehatan ketika baru sembuh dari sakit, ataupu orang yang baru melakukan operasi.

4. Mencegah Kerusakan Jaringan
Mengkonsumsi buah lengkeng dapat melindungi jaringan dari kerusakan karena kandungan vitamin C nya. Vitamin C memiliki manfaat antioksidan yang kuat dan ini berarti bahwa, dapat mencegah radikal bebas dari oksidasi membran sel, lipid dan DNA. Jika tidak, radikal bebas akan menumpuk dalam sistem dan merugikan jaringan, sehingga meningkatkan resiko arthritis dan kanker.

5. Merawat kesehatan kulit
Lengkeng juga bermanfaat untuk kulit. Lengkeng mengandung sifat anti penuaan dan terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini sangat bermanfaat bagi kulit yang berada di sekitar mata, meminimalkan retak kulit dan meningkatkan warna kulit. Kelengkeng juga dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi, agar dalam kondisi baik.

6. Mencegah resiko terkena penyakit jantung dan mengurangi stress
Karena dengan mengkonsumsi buah kelengkeng dapat merangsang fungsi limpa dan hati. Selain itu juga mampu memperbaiki sirkulasi darah, sehingga dapat memberikan efek tenang pada system saraf dan mencegah stroke.

7. Sumber energi
Walaupun kandungan lemak dan kalorinya rendah, buah lengeng mengandung karbohidrat kompleks sehingga bisa dijadikan alternatif pasokan energi dan meningkatkan stamina anda.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh
Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat mendorong kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Jika sistem imun sudah terjaga dengan baik, maka fungsinya untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit juga dapat bekerja dengan optimal. Vitamin C pada buah ini juga mampu membantu dalam penyerapan zat besi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar