Selasa, 17 November 2015

Tauge dan Khasiatnya

Tauge dan Khasiatnya


Tauge merupakan salah satu sayuran yang biasa dijadikan bahan pangan dimasyarakat kita, tanaman tauge berasal dari kacang hijau, taoge kedelai, serta dari jenis Kecambah alfalfa.

Para ahli menyarankan, makan tauge dalam keadaan mentah, karena memiliki zat muda masih utuh. Tanaman Tauge sendiri mengandung senyawa antioksidan lengkap dengan perlindungan kekuatan yang luar biasa, terutama vitamin A, vitamin C dan vitamin E sehingga sangat baik untuk dikonsumsi dan tentunya untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah ulasan mengenai Tauge dan Khasiatnya:

1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
Di balik penampilannya yang kecil, pada tauge telah ditemukan beberapa senyawa yang berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah saponin. Senyawa tersebut dipercaya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan pada tubuh kita, dengan menstimulasi interferon dan sel limfosit. Selain itu, vitamin C yang juga dikandung di dalamnya juga memiliki fungsi hampir serupa, yakni untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari – hari dan mempercepat proses regenerasi atau penyembuhan pada sel.

2.  Mencegah Osteoporosis
Kandungan estrogen alami yang terdapat dalam tauge memiliki sifat dan fungsi yang sama dengan estrogen sintetis, akan tetapi estrogen alami tidak memiliki efek samping. Hal ini dapat diartikan bahwa kandungan estrogen dalam tauge dapat membantu proses kepadatan tulang, menjaga struktur tulang, serta mencegah tulang mengalami kebusukan atau keropos secara signifikan.

3. Memperlancar system pencernaan
Dengan konsumsi tauge, jadi bisa menolong untuk melindungi tingkat keasaman lambung dan bisa memperlancar system pencernaan. Hal semacam ini karena tauge mempunyai karakter basa. Diluar itu, kandungan serat alami dalam tauge juga dapat tingkatkan kontraksi pada organ usus yang nanti akan memperlancar sistem buang air besar.

4. Mencegah Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung 
Kandungan saponin dalam tauge dapat menghancurkan lemak jahat LDL tanpa mempengaruhi lemak baik HDL. Pada tauge kandungan saponinnya sangat tinggi karena pada saat proses dari biji-bijian menjadi kecambah kadar saponinnya naik menjadi 450%.Bagi penderita stroke dan serangan jantung yang disebabkan oleh lemak darah melambung, sebaiknya juga mengkonsumsi sayuran tauge.

5. Manfaat tauge untuk kulit
Tauge juga dapat menjadi makanan yang berperan besar untuk kecantikan dan sangat membantu menyegarkan serta melembutkan kulit Anda. Ini karena tauge mengandung vitamin E dalam jumlah besar. Vitamin E adalah anti-oksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

6. Menghilangkan racun
Manfaat lain tauge adalah membantu menghilangkan kotoran dalam usus besar karena tauge mengandung banyak serat dan air. Kandungan serat dan air ini akan membantu tubuh untuk menghindari penumpukan bahan kimia beracun yang dapat menyuburkan sel-sel kanker.

7. Mencegah kanker
Dalam prosesnya, 90% rantai olisakarida yang terdapat dalam manfaat kacang hijau diubah menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah diserap oleh tubuh, tanpa menghasilkan gas. Tauge mengandung banyak manfaat serat dan air, sehingga pada akhirnya hal tersebut akan dapat membantu menghilangkan kotoran dalam usus besar, sehingga tidak ada zat-zat beracun dalam kotoran yang dapat diserap oleh tubuh. Selain itu, hal ini juga kan membantu mencegah terjadinya penumpukan zat beracun dalam tubuh yang nantinya dapat  merangsang berkembangnya bibit-bibit kanker.

8. Baik untuk kesehatan hati
Tauge sangat bermanfaat untuk kesehatan hati karena tauge mengandung banyak lesitin yang membantu untuk menjaga kadar kolesterol darah dan juga mengurangi lemak hati, yang pada gilirannya membantu mencegah penumpukan lemak dalam hati yang bisa menyebabkan gangguan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar