Minggu, 22 November 2015

9 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

9 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan


Kentang yang memiliki nama  latin Solanum tuberosum L. adalah jenis umbi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. karena memang jenis umbi ini bisa diolah dengan menjadi berbagai macam. seperti dijadikan sayur sop, direbus, dikukus, dijadikan bahan kue, bahkan digoreng atau dijadikan masker sebagai bahan kecantikan. kentang ini merupakan jenis umbi yang kaya akan manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

Berikut adalah ulasan mengenai 9 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan:

1. Kesehatan Jantung
Ada banyak zat gizi yang terdapat di dalam sebuah kentang yang dapat mendukung kinerja jantung yang sehat, Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah beberapa diantaranya. Kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi semuanya sangat baik untuk Jantung.

2. Mengoptimalkan Fungsi Otak
Kentang memiliki kandungan kadar glukosa yang seimbang, vitamin B kompleks, asam amino serta omega 3. Berbagai nutrisi tersebut dapat membuat kinerja otak lebih cepat dalam hal berpikir dan berkonsentrasi.

3. Membantu penurunan kadar kolesterol
Kentang mengandung banyak kalori seperti nasi. Namun kentang mempunyai tekstur yang lembut dan membuat rasa kenyang lebih tahan lama karena tumpukan kalorinya seimbang dan kental. Selain itu dapat membantu penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan zat potasium yang bermanfaat untuk menghancurkan tumpukan kadar kolesterol pada sistem pencernaan terutama pada sistem 

4. Pencegahan kanker
Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan telah banyak studi yang membuktikannya.

5. Menjaga kekebalan tubuh
Kentang mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Komisi Kentang Kota Washington mengatakan mengkonsumsi kentang secara teratur akan menjaga tubuh dari serangan flu dan penyakit kudis.

6. Baik bagi penderita batu ginjal
Kentang memang mengandung zat besi dan kalsium yang juga membantu pembentukan batu ginjal. Namun, kentang sangat kaya akan magnesium yang dapat menolak akumulasi atau deposisi kalsium dalam ginjal dan jaringan lain sehingga kentang terbukti bermanfaat dalam mengobati batu ginjal. Para dokter juga menyarankan penderita batu ginjal untuk melibatkan kentang di setiap makanannya.

7. Melancarkan pencernaan
Serat yang tinggi membuat kentang menjadi salah satu sayuran yang baik untuk pencernaan. Tak hanya itu, kandungan tinggi karbohidrat dalam kentang juga membuat sayuran ini mudah dicerna sehingga tidak menambah beban kerja sistem pencernaan kita.

8. Menjaga kesehatan kulit
Kentang merupakan makanan pokok yang mengandung banyak vitamin C. Vitamin C inilah yang banyak berperan dalam menjaga kulit agar selalu terjaga kesehatannya. anda hanya perlu mengkonsumsi umbi kentang secara rutin dengan cara dikukus atau menggunakannya sebagai masker kecantikan.

9. Membantu mengurangi peradangan
Jika anda sedang mengalami peradangan baik eksternal maupun internal, kentang bisa membantu anda untuk mengatasi hal tersebut. Kentang merupakan makanan yang mudah dicerna dan mengurangi peradangan pada usus dan sistem pencernaan. Kentang juga dapat membantu mengatasi peradangan atau luka yang ada di mulut. Untuk peradangan eksternal, jus kentang sangat bermanfaat untuk mengobati memar, luka bakar, keseleo, dan bisul. Selain itu, kentang diketahui dapat membantu melawan efek narkotika dan masalah kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar