Rabu, 04 November 2015

11 Khasiat Daun Bawang Untuk Kesehatan

11 Khasiat Daun Bawang Untuk Kesehatan


Daun Bawang Merupakan Jenis Sayuran yang biasa digunakan untuk bumbu atau penghias dalam masakan, Untuk mendapatkan daun bawang tidaklah sulit. Sayuran ini banyak terdapat di supermarket maupun pasar-pasar tradisional. Daun Bawang yang memiliki nama latin Allium fistulosum ini mempunyai banyak kegunaan untuk kehidupan kita, bukan hanya sebagai bumbu penyedap dalam masakan namun juga untuk kesehatan tubuh. 

Daun bawang sendiri memiliki kandungan gizi tinggi, antara lain Vitamin A, K, asam folat, Vitamin C, kalsium, protein, potasium, karbohidrat, lemak, dan rendah kalori. Selain itu daun bawang memiliki senyawa penting misalnya : antioksidan dan antibakteri. Kandungan tersebut membuat daun bawang sangatermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, dan baik untuk penderita beberapa penyakit, misalnya jantung, diabetes, dan lain sebagainya. Untuk Lebih Jelas, berikut 11 Khasiat Daun Bawang Untuk Kesehatan:

1. Menyehatkan jantung
Daun bawang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung polisulfida yang melindungi penyakit jantung yang bisa terjadi. Sayuran ini juga mengandung mangan, mineral yang mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

2. Menyehatkan pencernaan
Kesehatan pencernaan merupakan sesuatu yang penting untuk dijaga. Karena di sanalah awal mula proses penyerapan zat-zat gizi yang ada dalam makanan. Daun bawang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan karena kandungan seratnya cukup tinggi. Selain itu dapat juga mengatasi masalah seperti sembelit atau susah buang air besar.

3. Sebagai antibakteri
Warna hijau yang terlihat dari daun bawang tersebut mengandung anti bakteri dan anti peradangan sedangkan pada bagian putihnya memiliki sifat yang dapat melindungi tubuh Anda dari segala macam infeksi.

4. Kaya mineral, rendah kalori
Bumbu masakan yang satu ini kaya akan kandungan mineral, terutama zat besi dan kalium. Zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Sangat bagus dikonsumsi oleh penderita anemia. Sedangkan kalium bermanfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, menjaga fungsi jantung, dan mencegah kram pada otot. Seperti jenis sayuran lainnya, daun bawang ini juga rendah kalori.

5. Mencegah diabetes
Daun bawang ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini berkat kandungan phyto-kimia yang ada di dalamnya, yaitu allium dan alil disulfida. Kedua zat ini mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.

6. Mencegah Anemia
Daun bawang juga sangat kaya akan zat besi.Orang dengan jumlah darah rendah atau anemia harus sering makan daun bawang untuk memenuhi asupan zat besi.Daun bawang mengandung protein ferroportin yang membawa zat besi yang disimpan dari dalam sel ke luar sel.Peningkatan kadar zat besi dalam tubuh membantu meningkatkan jumlah darah.

7. Membantu untuk mencegah kanker
Ketika Anda mengkonsumsi bawang prei secara teratur, Anda juga menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid dalam bawang prei. Quercitin merupakan flavonoid dalam bawang prei yang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker di usus besar, sehingga mengurangi kemungkinan terkena kanker usus besar. Kaempferol dalam bawang prei juga memiliki manfaat yang sangat besar khususnya bagi perempuan karena flavonoid ini menurunkan risiko terkena kanker ovarium hingga mencapai 40 persen.

8. Kaya akan serat
Daun bawang bermanfaat juga untuk kesehatan pencernaan karena kaya akan serat alami yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak daun bawang tubuh akan tercukupi serat sehingga melancarkan percernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

9. Menjaga Kekuatan Tulang
Daun bawang merupakan sumber yang sangat kaya akan vitamin K. Vitamin K merupakan vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang jangka panjang. Vitamin K dapat membantu regulasi sel yang artinya dapat membantu mencegah demineralisasi tulang. Hal ini juga dibantu dengan produksi protein tulang yang disebut osteocalcin, yang sangat penting untuk menjaga kepadatan mineral tulang agar tidak terjadi berbagai penyakit pada tulang.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun bawang mengandung antioksidan yang tinggi quercetin dan kemferfol. Kedua zat ini baik untuk kulit dan dapat meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan. Karena itu sangat baik untuk melawan penyakit seperti pilek, demam, dan flu. Selain itu juga terdapat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus yang membantu tubuh melawan bakteri sehingga terhindar dari infeksi.

11. Baik untuk wanita hamil
Bawang daun memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh wanita hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan meningkatkan kecerdasan otak. Wanita hamil yang kekurangan folat akan rentan keguguran dan mengalami kelelahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar